Selasa, 07 Mei 2013

RESENSI





 







RESENSI BUKU
“KEPERATAWAN IBU-BAYI BARU LAHIR”



disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia






oleh
Silvi Anita Uslatu Rodyah
NIM 112310101035





PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011



Judul Buku      : Panduan Belajar : Keperawatan Ibu-Bayi Baru Lahir
Judul Asli        : Lippicott’s Review Series: Maternal-Newborn Nursing
Pengarang       : Barbara R. Stright
Alih bahasa     : Maria A. Wijayarini, S.Kp, MSN
Editor Edisi Bahasa Indonesia : Nike Budhi Subekti, S.Kp
Copy Editor    : Lia Kartika Sari
Penerbit           : Buku Kedokteran EGC
Cetakan           : I: 2005
Tebal               : 393 halaman
Ukuran                        : 14 x 20.5 cm
Kategori          : Keperawatan
Bahasa             : Indonesia
Buku ini menggunakan format proses keperawatan yang konsisten dan membahas asuhan keperawatan pada klien sehat sakit. Di dalamnya juga tercakup konsep-konsep perkembangan, farmakologi, anatomi dan fisiologi, serta patofisiologi. Buku ini juga dilengkapi dengan soal latihan pada setiap bab yang dapat membantu memahami ilmu yang didapatkan serta terdapat soal ujian komprehensif sehingga dapat melatih calon perawat dalam pengkajian kasus.
            Saya akan mencoba memberikan sinopsis pada buku  “Panduan Belajar : Keperatawan Ibu-Bayi Baru Lahir” dan judul resensi saya adalah “Hidup Untuk Kita Pahami dan Kita Mengerti”. Buku ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dan sebagai bekal ketika praktek di rumah sakit, juga bagi para perawat yang telah bekerja ini akan membantu meningkatkan pemahaman dan mengevaluasi pengetahuan.
Buku terdiri atas 15 bab, diantaranya yaitu.
v  Bab 1 Pendahuluan Keperawatan Ibu-Bayi Baru Lahir
Pada bagian pertama buku ini menjelaskan tentang keperawatan ibu-bayi baru lahir yang berpusat pada keluarga dengan memelihara kesatuan keluarga dan meningkatkan serta melindungi kesejahteraan ibu dan bayi yang baru lahir karena peran serta keluarga sangat diperlukan. Mengukur kesehatan ibu dan bayi baru lahir perlu dilakukan karena banyaknya isu etik dan legal dalam keperawatan seperti malpraktek. Serta menjelaskan tinjauan proses keperawatan untuk ibu-bayi baru lahir meliputi, tinjauan, pengkajian, diagnosis keperawatan, perencanaan dan identifikasi hasil, implementasi dan evaluasi hasil.
v  Bab 2 Reproduksi dan Seksualitas
Bagian ini menjelaskan anatomi dan fisiologi sistem reproduksi pria dan wanita, serta menjelaskan siklus-siklus yang terjadi dalam sistem reproduksi pria dan wanita. Menjelaskan tentang fungsi seksual manusia yaitu bagaimana respons manusia terhadap rangsangan seksual yang meliputi 4 fase yaitu, fase bergairah, fase plateu, fase orgasmik dan fase resolusi serta perbedaan respons seksual pria dan wanita. Bagian ini juga menjelaskan tentang seksualitas pada manusia, identitas gender dan peran gender yang akan memperlihatkan jati diri seseorang yang sebenarnya karna dipengaruhi oleh perilaku, sikap dan sifat individu dalam kesehariannya yang berakhir pada orientasi dan ekspresi seksual individu dalam hidupnya yaitu pilihan individu tersebut dalam menjalani aktivitas seksualnya.
v  Bab 3 Tumbuh Kembang Janin dan Prinsip-prinsip Genetik
Pada bab ini menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu, sejak fertilisasi antara sperma dan ovum kemudian tahap praembrionik 14 hari pertama setelah konsepsi, kemudian tahap embrionik yaitu saat embrio mulai terbentuk pada minggu ketiga, hingga tahap janin yang dimulai 8 sampai 10 minggu setelah konsepsi sampai akhir kehamilan. Struktur pendukung embrionik dan janin seperti korpus luteum yang menyediakan hormone-hormon, Desidua yang melindungi dan memberikan makan bagi embrio yang berkembang, plasenta untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke janin, membran dan cairan amnion yang berfungsi melindungi, mengatur suhu, pergerakan janin atau embrio serta tali pusat yang menghubungkan janin dengan ibunya. Penulis juga menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan janin serta prinsip-prinsip genetik yang mempengaruhi tumbuh kembang janin sperti pewarisan dan kelainannya.
v  Bab 4 Infertilitas
Bagian ini menjelaskan tentang factor-faktor penyebab infertilitas atau ketidakmampuan untuk hamil serta pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab utama dari infertilitas tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan, kemudian dilakukan teknik mengatasi penyebab infertilitas dengan penatalaksanaan medis. Dijelaskan juga tentang intervensi keperawatan yang dapat dilakukan pada klien dan keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan tersebut.
v  Bab 5 Keluarga Berencana dan Kontrasepsi
Pada bab ini dibahas tentang keluarga berencana dan kontrasepsi sebagai upaya pencegahan kehamilan atau mengurangi angka natalitas. Disini dijelaskan berbagai macam metode kontrasepsi beserta macam alat-alatnya yang dapat digunakan baik pada pria maupun wanita, dilengkapi kandungan-kandungan kontrasepsi tersebut dan tata cara penggunaannya serta keuntungan, kerugian dan indikasinya pada tubuh manusia. Juga dijelaskan bagaimana peran perawat dalam melakukan pendekatan kepada keluarga sehingga dapat menjalankan intervensinya dengan baik.
v  Bab 6 Aspek-aspek Biopsikososial Kehamilan
Bagian ini menjelaskan tentang tanda dan gejala kehamilan serta perubahan-perubahan sistem tubuh yang terjadi pada masa kehamilan dan aspek psikososial saat kehamilan serta intervensi keperawatan yang dapat dilakukan dalam mengkaji dan melakukan asuhan keperawatan pada klien yang sedang hamil juga pada keluarganya.
v  Bab 7 Pendidikan Kelahiran Anak
Menjelaskan tentang pendidikan atau pengetahuan yang perlu untuk dipahami oleh para orang tua dalam proses kehamilan, peralinan dan kelahiran dan cara-cara yang dapat dilakukan dalam menghadapi kondisi tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan melalui program pendidikan kelahiranyang menyediakan berbagai informasi dan fasilitas yang ditawarkan.
v  Bab 8 Perawatan Antepartum
Pada bab ini dijelaskan tentang pelayanan medis dan asuhan keperawatan yang diberikan kepada wanita hamil diantara konsepsi dan awitan persalinan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu dan keluarga tentang kehamilan serta memberikan pelajaran tentang tindakan-tindakan yang dapat dilakukan. Bagian ini juga menjelaskan tentang mengevaluasi kesejahteraan janin di dalam kandungan, yaitu cara mendeteksi atau memantau aktivitas janin dalam kandungan. Juga dijelaskan bagaimana kajian keperawatan yang dapat dilakukan pada wanita selama masa antepartum.
v  Bab 9 Perawatan Intepartum
Pada bagian ini menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman intrapartum dan apa tujuan adanya perawatan intrapartum. Tanda dan gejala akan terjadinya persalinan atau peringatan awal persalinan perlu diketahui oleh wanita hamil karena sering terjadi juga persalinan palsu atau hanya sakit seperti akan melahirkan tapi sebenarnya tidak. Sehingga dengan membaca buku ini wanita akan tahu bagaimana karakteristik persalinan yang sebenarnya. Pada bab ini juga dijelaskan tahap-tahap persalinan sejak awal kontraksi hingga tahap pemulihan setelah persalinan, juga tata cara perawat dalam melakukan proses persalinan agar nyeri intepartum dapat berkurang sehingga dapat memaksimalkan keamanan ibu dan bayi.


v  Bab 10 Perawatan Pascapartum
Pada bagian ke sepuluh buku ini menjelaskan tentang perawatan kepada ibu dan bayi setelah masa persalinan atau saat masa wanita nifas yaitu periode 6 minggu setelah kelahiran hingga organ-organ reproduktif kembali pada keadaan sebelum hamil. Disini dijelaskan tanda dan gejala yang perlu di waspadai oleh ibu hamil ketika pascapartum, juga dijelaskan perubahan-perubahan biofisik pada sistem tubuh wanita hamil. Proses adaptasi sangatlah diperlukan bagi ibu karena banyak terjadi kasus juga beberapa ibu mengalami depresi pascapartum. Perawat dalam hal ini perlu melakukan tinjauan kepada klien, dalam buku ini dipaparkan tentang pengkajian yang perlu dilakukan oleh perawat dalam masa pascapartum pasiennya.
v  Bab 11 Perawatan Bayi Baru Lahir
Bagian ini menjelaskan tentang periode transisi bayi dari masa dalam kandungan menuju dunia yang penuh paparan benda asing yang mungkin akan mengancam diri bayi tersebut, sehingga buku ini dijelaskan tentang beberapa adaptasi yang dilakukan oleh bayi pada masa tersebut dan pada keadaan ini diperlukan adanya perawat untuk mengkaji dan menjaga agar keamanan dan kerja system tubuh bayi dapat berjalan dengan baik karena kondisi bayi yang masih rentan.
v  Bab 12 Komplikasi Antepartum
Pada bagian ini menjalaskan tentang beberapa komplikasi antepartum dan faktor-faktor penyebabnya serta bagaimana mengatasinya fase tersebut. Komplikasinya meliputi abortus spontan,  penyakit trofoblastik kehamilan, kehamilan ektopik, serviks inkompeten, hiperemesis gravidarum, anemia, plasenta previa, solusio plasenta, preeklamsia dan eklamsia, diabetes gestasional, penyakit hemolitik janin dan bayi serta infeksi.
v  Bab 13 Komplikasi Intepartum
Bagian ini menjelaskan beberapa komplikasi yang sering terjadi pada intrapartum yang umumnya berkembang dengan cepat sehingga sangat diperlukan pengkajian dan intervensi keperawatan di tempat. Beberapa komplikasinya yaitu ketuban pecah dini, persalinan pretern, vasa previa, prolaps tali pusat, kehamilan postmatur, persalinan disfungsional, distosia bahu, induksi persalinan, ruptur uterus, plasenta akreta, kelahiran sesarea, inversi uterus, perdarahan pascapartum dini. Dalam komplikasi tersebut juga dijelaskan faktor penyebabnya serta bagaimana cara penatalaksanaan keperawatannya.
v  Bab 14 Komplikasi Pascapartum
Bagian ini menjelaskan komplikasi yang terjadi pada pascapartum diantaranya yaitu perdarahan pascapartum, subinvolusi, infeksi puerperalis, mastitis, tromboflebitis dan trombosis, infeksi saluran kemih dan gangguan suasana hati pascapartum.
v  Bab 15 Komplikasi Neonatus
Bagian ini menjelaskan bagaimana perawat dibutuhkan pada bayi beresiko tinggi atau neonatus, serta tatacara penatalaksanaannya bagi perawat. Kompikasi neonates diantaranya yaitu, asfiksia lahir, bayi pretern, bayi kecil untuk masa kehamilan, bayi besar untuk masa kehamilan, bayi dari ibu diabetes dan bayi posterm (lewat bulan).
Begitu banyaknya keuntungan yang dapat kita ambil dari membaca buku ini, karena buku ini sangatlah bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita serta isinya memang sangat menarik untuk kita ketahui lebuh dalam. Buku ini dapat kita manfaatkan tidak hanya saat kita ada di jenjang pendidikan saja, namun saat kerja pun buku ini masih sangat dibutuhkan.
Dibalik kelebihannya, buku ini juga terdapat kekurangan yaitu, sampul atau cover buku yang kurang menarik ika dilihat sehingga terkadang pembaca menjadi enggan untuk mengetahui atau mempelajari buku ini lebih dalam. Tulisannya yang kecil-kecil dan penempatan setiap subbab yang membuat pembaca bosan untuuk membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar