Sabtu, 25 Mei 2013

SOAL PATOFISIOLOGI SISTEM MUSKULOSKELETAL


1. Seorang laki-laki usia 50 tahun datang ke praktik dokter umum dengan keluhan nyeri dan timbul benjolan pada pangkal ibu jari kaki kanan yang sudah diderita selama 3 bulan ini. Pada pemeriksaan fisik tampak pangkal ibu jari kanan tersebut nyeri bila digerakkan serta pada sisi lateralnya terdapat benjolan dengan diameter 2 cm yang melekat pada dasar. Pemeriksaan asam urat darah meningkat. Diagnosis keadaan di atas adalah
a. Artritis gout
b. Artritis reumatoid
c. Sinovitis vilonodular
 d. Artritis tuberculosis
 e. Osteoartritis

2. seorang wanita berusia 23 tahun mengeluh kesakitan karena bengkak dipunggung kanannya saat berolahraga. Setelah ditelusuri, 2 bulan sebelumnya ia mengalami kecelakaan sepeda namun ia tidak memeriksakan kondisi setelah kecelakaan karena tidak merasakan sakit yang terlalu parah. Diduga adanya dislokasi di bagian tersebut, apa nama bagian tulang yang mengalami dislokasi sehingga menyebabkan bengkak?
A. Ulna
B. Metatarsal
C. Femur
D. Klavikula
E. Fibula

3. Perempuan 18th, nyeri diujung kaki kiri sejak 5 hari yll, jari tersebut tampak pucat dan dingin dibanding kaki kanan. pulsasi hanya jelas teraba di inguinal tetapi lemah. sejak 1bulan yang lalu sakit kepala terus menerus. TD di lengan kiri-kanan sama, tetapi TD di tungkai kiri lebih lemah dari yang lain. diagnosis paling mungkin?
A. Arterioskelosis
B. Aterosklerosis obliterans
C. Tromboflebitis
D. Tromboangitis obliterans
E. Arteritis takayasu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar